Kekasih yang Takut Cacing

Judul Antologi: Kekasih yang Takut Cacing
Penerbit: Elex Media
ISBN: 9786020242057
Cetak: 2014
Tebal: 212 halaman

@NaministPopy

Kekasih yang Takut Cacing merupakan bagian dari seri Cekers Go Green yang diterbitkan Elex Media. Berisi 15 cerpen yang merupakan karya terbaik peserta ajang antologi teenlit asyik cinta lingkungan.

Lingkungan adalah tempat kita tinggal dan tumbuh. Menjaganya adalah kewajiban. Alam sangat mencintai kita. Kita pun harus membalasnya dengan cinta.

Saya menulis satu cerpen dalam antologi ini. Judulnya Cewek Organik. Cerpen ini mengisahkan tentang si cewek organik bernama Windy yang gemar mengeluh.

"Eh, ya ampun, denger ya! Dunia ini kejam banget. Penuh polusi!" Windy menghela napas, kemudian melanjutkan ucapannya, "Polusi udara, polusi suara, pulusi dari bahan-bahan kimia. Sampai-sampai buat dapatin bahan makanan organik aja susahnya minta ampun." Lagi-lagi Windy teringat tragedi yang dialaminya sebelum sampai di sekolah.

"Oh... kalau itu sih, aku setuju, Mbak." Miranti tersenyum memperlihatkan gigi kelincinya. "Makanya, aku sama Mas Gio gabung di komunitas urban farming. Malahan aku sama Mas Gio udah mulai urban farming di rumah masing-masing. Maklumlah, Mbak, di Jakarta kan lahan terbatas. Tapi, aku sama Mas Gio suka banget makan menu vegetarian. Apalagi kalau bahan masakannya dari bahan organik. Kata Mas Gio, Mbak Windy juga suka. Supaya tetap langsing ya, Mbak?"

Siapa Miranti? Siapa Gio? Pertanyaan ini akan terjawab bila membaca cerpennya. Yang jelas, akhirnya Windy sadar bahwa mengeluh itu tak ada artinya.

"Oke, gue minta maaf karena selama ini gue sering mengeluh. Sekarang gue sadar kalau setiap keluhan itu pasti ada solusinya. Contohnya hari ini, gue dapat solusi soal sayuran dan buah-buahan organik supaya tetap ada di kulkas rumah gue. Nanti gue bakal bilang ke Papa supaya hibahin tanahnya yang berhektar-hektar buat gue kelola bareng teman-teman di sini, biar jadi perkebunan organik. Sekarang cita-cita gue mau jadi environmentalist sejati!"


@NaministPopy
Cerpen Cewek Organik bisa dibaca di halaman 115. Dan berikut daftar 15 cerpennya:
1.      Karena Pot dan Kekasih yang Takut Cacing oleh Reni Erina
2.      Aku Menyebutnya Waterlogging oleh Sri Windari
3.      Elegi untuk Riau oleh Shabrina Ws
4.      Apakah Cinta Masih Ada? oleh Ramajani S
5.      Misi Bunga oleh Eni Lestari
6.      Bibit Bambu oleh Dasuki Sawab
7.      Naksir? Temui Aku di Kophiy! oleh Redy Kuswanto
8.      Kembang Kantil Putri Cempaka oleh Om Pau
9.      Cewek Organik oleh Naminist Popy
10.  Menyelamatkan Bumi di Tengah Asap Motor Farel oleh Miracle
11.  Di Waktu Kerja Bakti oleh Putri Utami
12.  Demonstran Metropolis oleh Dia Gaara Andromeda
13.  Tentang Bunga yang Kau Berikan oleh Nurlaeli Umar
14.  Sepeda Butut Saksi Cinta Kita oleh Witri Prasetyo Aji
15.  Tanah Keramat, Katanya oleh Ani Apriani

@NaministPopy